Agustus 13, 2016

20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu! (Page 2/2)


11. XP & Level Pokemon Go

Character's Experience Points & Level
Character's Experience Points & Level

         Jika kamu bermain Pokemon Go, maka karakter kamu akan menpunyai Level (level karakter berbeda dengan level Pokemon). Level karakter ini akan bertambah jika kamu mendapatkan XP (experience point) dalam jumlah yang sudah ditentukan.

Level akan berpengaruh di dalam Pokemon Go. Semakin tinggi level trainer, maka semakin besar kesempatan trainer tersebut menjumpai Pokemon langka dan Pokemon yang mempunyai CP tinggi. Level juga akan memperbesar kesempatan kamu untuk menemukan item-item langka di PokeStop. Reward dari Level Up juga akan semakin besar, jika Level yang diraih semakin tinggi.

Ingat, jika kamu baru bermain Pokemon Go, cepat-cepatlah menaikan Level kamu sampai level 5. Karena saat sudah level 5, kamu baru dapat bergabung dengan satu team diantara 3 team (Team Mystic, Team Instinct, & Team Valor). Setelah itu kamu baru dapat berpartisipasi pada Gym Battle untuk mendapatkan macam-macam reward yang menarik.

 Beberapa cara mendapatkan XP untuk menaikan Level:

> 50 XP. Mengunjungi PokeStop. Cara ini adalah cara paling mudah dan cepat untuk menaikan level.

> 10 XP. Menangkap Pokemon dengan cara  Curveball (Lemparan melengkung saat melemparkan PokeBall). Cara ini cukup sulit dan hanya mendapatkan XP yang sedikit. Cara ini akan membuang banyak PokeBall untuk trainer yang belum berpengalaman.

> 10 XP. Mendapatkan 'Nice' saat menangkap Pokemon (lemparan di dalam lingkaran yang bergerak).

> 50 XP. Mendapatkan 'Great' saat menangkap Pokemon (melemparkan PokeBall saat lingkaran telah mengecil, tetapi belum mengecil sampai setengahnya dari lingkaran tersebut).

> 100 XP. Mendapatkan 'Exellent' saat menangkap Pokemon (melemparkan PokeBall saat lingkaran sudah mengecil sampai pada titik terkecil).

> 100 XP. Berhasil menangkap Pokemon apapun.

> 150 XP. Memenangkan 1 Battle Gym.

> 250 XP. Memenangkan 2 Battle Gym.

> 350 XP. Memenangkan 3 Battle Gym.

> 450 XP. Memenangkan 4 Battle Gym.

> 500 XP. Menetaskan Pokemon Egg.

> 500 XP. Melakukan Evolve pada Pokemon.

> 1000 XP. Menangkap Pokemon baru yang belum pernah kamu tangkap sebelumnya.

> 1000 XP. Melakukan Evolve pada Pokemon, sehingga kamu mendapatkan Pokemon jenis baru yang belum pernah kamu miliki sebelumnya.


*         *         *         *         *



12. Lure Module

Pokemon Go - Lure Module
Pokemon Go - Lure Module

Lure Module adalah item yang berfungsi untuk memancing beberapa Pokemon agar mendatangi area tertentu yang sudah dipasangi Lure Module. Selama 30 menit setelah Lure Module diaktifkan, maka Pokemon akan berdatangan di area tersebut. Dan bukan hanya pemilik Lure Module, tetapi trainer lain juga dapat menangkap setiap Pokemon yang datang.

Jadi untuk kalian yang sibuk ditempat kerja tetapi masih ingin mencari Pokemon, kamu dan teman-teman satu kantor bisa patungan untuk membeli Lure Module, dan mengaktifkannya di area kantor kalian. Jangan lupa untuk berbagi ya... :)

Lure Module dalam dibeli di-item Shop. Tapi kamu juga dapat menemukannya secara cuma-cuma di PokeStop, walaupun termasuk langka.


*         *         *         *         *



13. Incense

Pokemon Go - Incense
Pokemon Go Incense

Fungsinya hampir mirip dengan Lure Module. Ketika digunakan, Incense ini akan mengundang Pokemon untuk mendekati kamu. Hanya trainer yang menggunakan Incense (yaitu kamu sendiri) yang dapat melihat setiap Pokemon yang datang. Incense ini digambarkan sebagai parfum dengan aroma yang menarik Pokemon untuk mendekat.

Saat pertama kali kamu bermain,  kamu akan mendapatkan 2 Incense. Nantinya kamu juga dapat membelinya di item Shop. Saran aku, simpanlah Incense untuk digunakan saat level kamu sudah tinggi. Sehingga kamu berkesempatan menemukan Pokemon yang lebih langka dan lebih kuat.


*         *         *         *         *



14. Pokemon Egg

Pokemon Go - Egg
Pokemon Go - Egg

Inilah salah satu yang menyebabkan kamu sering berjalan jauh saat bermain Pokemon Go. Pokemon Egg adalah telur yang bisa kamu dapatkan dari PokeStop, Bonus, dan reward saat kamu naik level. Telur ini berisi Pokemon yang isinya tidak bisa kamu tebak. Setelah menetas, makanya Pokemonnya akan langsung menjadi milik kamu.

Cara menetaskan telur ini adalah dengan cara menempatkannya di Egg Incubator. Kemudian kamu diharuskan berjalan menempuh jarak yang sudah ditentukan. Ada Egg 2km, Egg 5km, dan Egg 10km. Maka kamu harus menempuh jarak yang tertera di telur tersebut untuk menetaskannya. Cara ini hampir mirip dengan cara menetaskan telur Pokemon di game Pokemon lainnya, dimana player diharuskan untuk berjalan.

Semakin jauh jarak yang tertera di Pokemon Egg, maka semakin langka Pokemon yang ada di dalamnya.


*         *         *         *         *



15. Egg Incubator

Pokemon Go - Egg Incubator
Pokemon Go - Egg Incubator

Egg Incubator ini adalah item yang berfungsi untuk menetaskan Pokemon Egg seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kamu akan dibekali dengan 1 Egg Incubator saat kamu baru bermain Pokemon Go. Satu Incubator Egg hanya mampu berisikan 1 Pokemon Egg.

Jadi jika kamu ingin cepat menetaskan beberapa Pokemon Egg sekaligus, maka kamu harus membeli Egg Incubator lain secara langsung di item Shop.


*         *         *         *         *



16. Lucky Egg

Pokemon Go - Lucky Egg
Pokemon Go - Lucky Egg

Jika kamu adalah verteran game Pokemon,  mungkin kamu pernah menemukan Lucky Egg ini. Di game Pokemon terdahulu, item Lucky Egg ini termasuk rare item yang mungkin kamu dapatkan jika kamu menagkap Chansey. Item ini akan menambah point EXP yang didapatkan oleh Pokemon yang kita gunakan untuk bertarung, dengan syarat Pokemon tersebut harus memegang item ini.

Namun inilah Lucky Egg di dalam game Pokemon Go. Cara kerja dan cara mendapatkan item ini berbeda dengan game-game Pokemon yang terdahulu.

Lucky Egg bukanlah Pokemon Egg. Jadi telur ini tidak dapat ditetaskan. Lucky Egg adalah item yang berfungsi untuk melipat gandakan setiap XP yang didapatkan oleh trainer pemiliknya selama 30 menit. Contohnya, jika si trainer menangkap jenis Pokemon baru dan mendapatkan 1000 XP, maka XP tersebut akan digandakan menjadi 2000 XP.

Lucky Egg adalah item yang langka yang bisa kamu dapatkan di PokeStop. Lucky Egg juga dapat kamu dapatkan dari reward saat level up, dan juga bisa langsung kamu beli di item Shop.


*         *         *         *         *



17. Razz Berry

Pokemon Go - Razz Berry
Pokemon Go - Razz Berry

Razz Berry adalah salah satu elemen penting yang ada di Pokemon Go. Razz Berry adalah item yang akan digunakan kepada Pokemon liar agar mereka menjadi lebih jinak, atau secara teknis akan meningkatkan kemungkinan dan mempermudah untuk menangkap Pokemon tersebut.

Razz Berry akan sering kamu jumpai di PokeStop saat level kamu sudah cukup tinggi. Disaat itu juga Pokemon yang kamu jumpai akan lebih kuat dan lebih sulit untuk ditangkap.


*         *         *         *         *



18. PokeCoin

Pokemon Go - PokeCoin
Pokemon Go - PokeCoin

PokeCoin adalah fitur Cash di dalam game Pokemon Go. Kamu harus mengeluarkan uang asli untuk membeli PokeCoin di Pokemon Go. PokeCoin adalah dapat digunakan untuk membeli item seperti Lure Module, Incense, Egg Incubator, PokeBall, Razz Berry, dan item lainnya tanpa perlu repot mengunjungi PokeStop.

Namun untuk saat ini ada satu cara untuk mendapatkan PokeCoin secara gratis. Yaitu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Reward dari Defender Bonus. Jika kamu berhasil menempatkan salah satu Pokemon kamu untuk melindungi Gym yang dikuasai oleh tim kamu, dan bertahan sampai dengan 1 hari atau sekitar 20 jam, maka kamu akan mendapatkan 10 PokeCoin dan Stardust. Kamu dapat melindungi maksimal 10 Gym yang tim kamu kuasai. Sehingga total Defender Bonus per harinya dapat mencapai 100 PokeCoin (belum termasuk reward yang lain).


*         *         *         *         *



19. Medal

Pokemon Go - Medals / Achievement
Pokemon Go - Medals / Achievement

Medal adalah bentuk achievement. Player akan mendapatkan medal ketika sudah memenuhi kriteria tertentu. Seperti Medal Jogger yang kamu dapat jika kamu sudah berjalan mencapai jarak tertentu. Ataupun Medal Pikachu Fan, ketika kamu berhasil menangkap Pikachu sebanyak jumlah yang sudah ditentukan. Medal terdiri dari 3 kelas, yaitu Bronze, Silver, & Gold. Contohnya, jika kamu sudah mendapatkan Medal Jogger Bronze, maka kamu butuh berjalan lebih jauh agar bisa mendapatkan Medal Jogger Silver,  dan kemudian Gold.

Seperti fitur achievement di game lain, Medal ini tidak akan berdampak apapun pada game. Tetapi hanya fitur pelengkap. Mungkin nantinya kamu dapat berbagi kisah tentang petualangan kamu sampai akhirnya kamu memilki hampir semua medal yang ada.


*         *         *         *         *



20. Team

Pokemon Go - Teams
Pokemon Go - Teams

Pernah mendengar game Ingress di android. Pelopor game berbasis GPS yang berkisah tentang portal dimensi yang terbuka, kemudian akan diperebutkan oleh 2 faksi? Cara kerja 'Team' di game Pokemon Go hampir sama dengan game Ingress, tetapi di Pokemon Go ini terdapat 3 faksi.

Team Instinct (Yellow)
Pokemon Go - Team Instinct Symbol (Zapdos)
Pokemon Go - Team Instinct Symbol (Zapdos)


Team Mystic (Blue)
Pokemon Go - Team Mystic Symbol (Articuno)
Pokemon Go - Team Mystic Symbol (Articuno)


Team Valor (Red)
Pokemon Go - Team Valor Symbol (Moltres)
Pokemon Go - Team Valor Symbol (Moltres)


 Masing-masing team akan mewakili salah satu dari ketiga burung legendaris yang ada di Pokemon Go. Team Instinct untuk Zapdos. Team Mystic untuk Articuno. Team Valor untuk Moltres.

Team adalah salah satu fitur yang akan menggerakan para trainer ke salah satu misi utama di game Pokemon Go. Yaitu mengusai Gym sebanyak-banyaknya. Setelah kamu mencapai level 5, Professor Willow akan memperkenalkan mu pada 3 orang yang akan mewakili masing-masing team, kemudian kamu dapat memilih salah satu dari mereka untuk menentukan di team mana kamu akan bermain. Untuk saat ini kamu tidak akan mendapatkan efek khusus dari team yang kamu pilih. Kamu hanya akan menentukan siapa-melawan-siapa.

Jika kamu lebih sering bermain disekitar daerah kamu, sebelum level 5 lebih baik kamu berputar di daerah kamu dan melihat team mana yang lebih dominan. Pilihlah team yang paling dominan di daerah kamu, karena kemungkinan besar team tersebut akan menguasai banyak Gym di daerah kamu dalam waktu yang lama. Jika kamu memilih team minoritas di daerah kamu, siap-siaplah terbantai habis. Kecuali jika kamu suka jalan-jalan jauh, travelling, dan sering berkumpul dengan komutitas Pokemon Go dengan team yang sama dengan yang kamu pilih. Maka team apapun pilihan mu tidak akan menjadi masalah yang serius.


*         *         *         *         *



prev: 20 Istilah dan Fitur Dasar Game Pokemon Go yang Harus Kamu Tahu! (Page 1/2)


Semoga informasi di atas akan membantu kamu para trainer yang sedang berburu Pokemon. Ingat, untuk jaga keselamatan saat sedang bermain Pokemon Go. Jangan sampai membahayakan ataupun merugikan diri sendiri dan orang lain. Happy Hunting :) 


author: Akira Asayami

2 Comments