Agustus 19, 2016

Apa itu Mechanical Keyboard? dan Penjelasan 5 Warna Switch yang Sering di Gunakan

Apa itu Mechanical Keyboard? dan Penjelasan 5 Warna Switch yang Sering di Gunakan

Akira akan sedikit berbagi informasi tentang Mechanical Keyboard yang mungkin belum kamu tahu. Keyboard model ini sekarang mulai kembali merangkak naik setelah dulunya sempat berhenti di produksi switcnya pada awal tahun 2000. 

         Mungkin beberapa dari kamu baru mendengar tentang Mechanical Keyboard yang sekarang mulai naik daun. Mungkin ada beberapa pertanyaan yang akan muncul. "Apa itu Mechanical Keyboard?". Di sini Akira akan menjelaskan hal pokok yang harus kamu tahu tentang Mechanical Keyboard. Mungkin nantinya artikel ini dapat kamu gunakan sebagai referensi kalau-kalau kamu ingin meminang salah satu dari Keyboard cantik ini.

         Tak kenal maka tak sayang. Itulah kata pepatah. Setelah blusukan sana-sini dan kurang puas dengan artikel yang aku temukan di beberapa website dan blog, dengan ini Akira merangkum segala hal penting yang sudah ditemukan menjadi sebuah artikel yang akan mengenalkan kamu lebih dekat dengan Mechanical Keyboard.


Daftar isi artikel:
  1.  "Apa itu Mechanical Keyboard?"
  2.  Sedikit Sejarah
  3.  Keyboard Rubber Dome
  4.  Bentuk Mechanical Keyboard Sekarang
  5.  Mechanical Switch
  6.  Cherry MX Switch
  7.  Penjelasan 5 Warna Switch pada Cherry MX yang Sering Digunakan
  8.  "Siapa yang di rekomendasikan menggunakan mechanical keyboard?"

===============
------ (( 1 )) ------
===============


"APA ITU MECHANICAL KEYBOARD?"



Tidak perlu membutuhkan jawaban yang kompleks. Mechanical Keyboard adalah keyboard yang menggunakan semacam mekanik yang disebut dengan Switch, di bawah masing-masing tombolnya.


Masih bingung? Ingin dapat gambaran yang lebih jelas?

Mechanical Keyboard Switch
Switch yang berada di bawah Key Caps (tombol)

         Jadi begini. Kebanyakan keyboard yang kita gunakan adalah keyboard tipe Rubber Dome. Keyboard yang menggunakan lembaran/papan sirkuit, dan kemudian ditutupi dengan karet/silicon yang berfungsi untuk mengangkat kembali tombol ke posisi semula setelah tombol kita tekan. Karet ini juga berfungsi sebagai perantara pemberi perintah dari kita ke papan keyboard yang kita gunakan. Jika kamu congkel salah satu tombol keyboard kamu dan mendapati ada karet di bawahnya, itu artinya kamu menggunakan keyboard tipe Rubber Dome.


         Sedangkan Mechanical Keyboard menggunakan Switch yang berbeda dimasing-masing tombolnya, sehingga kondisi satu tombol dengan tombol yang lain adalah berbeda dan terpisah. Jika terjadi kerusakan disalah satu tombol/Switch, maka tombol lainnya tidak akan terganggu. Kamu hanya perlu mengganti switch yang berada di bawah tombol yang rusak.

         Jika terdapat kelas-kelas pada Keyboard, maka Mechanical Keyboard inilah yang (sampai) saat ini menduduki kelas tertinggi karena kualitasnya yang melampaui Keyboard jenis lain. Bahkan kualitas standar pada Mechanical Keyboard, lebih unggul dari pada keyboard jenis lain (relatif).


===============
------ (( 2 )) ------
===============


SEDIKIT SEJARAH


         Mechanical Keyboard sebenarnya bukanlah teknologi baru. Mechanical Keyboard adalah produk lama yang sudah pernah dibuat sebelum tahun 2000. Contohnya adalah keyboard IMB Model M yang masih menggunkan port PS2. Keyboard Mechanical tidak terlalu bersahabat dengan para produsen dan pengguna komputer pada zaman itu, karena biaya yang diperlukan cukup tinggi untuk membuat satu buah mechanical keyboard, sehingga harga jualnya menjadi mahal.

         Pada tahun itu penggunaan komputer masih sangat jarang, maka komponen dengan harga mahal akan cukup sulit terjual, dan kebutuhan pasarnya pun masih yang sangat sedikit. Kemudian semakin berkembangnya pengguna komputer, dibarengi juga dengan para produsen keyboard yang mencari alternatif untuk mengurangi biaya produksi dari pembuatan keyboard. Maka terciptalah keyboard tipe Rubber Dome yang masih banyak kita gunakan sampai sekarang. Keyboard ini membutuhkan biaya yang jauh lebih murah dari pada mechanical keyboard, sehingga banyak dari produsen keyboard yang fokus untuk mengembangkan dan menggunakan keyboard tipe Rubber Dome.


         Setelah produsen Mechanical Switch, yang bernama Alps Elecric telah menghentikan produksinya di awal tahun 2000. Sekarang ZF Electronics (atau yang dikenal dengan Cherry Corporation. Atau biasa disebut 'Cherry') kembali memproduksi Mechanical Switch. Kemudian, sekarang ini Mechanical Keyboard sudah kembali diproduksi oleh beberapa pabrik seperti Cooler Master, Corsair, Razer, Thermaltake, Logitech dan SteelSeries dengan target pasar kalangan para Gamer, yang sekarang semakin meningkat dengan pesat.


===============
------ (( 3 )) ------
===============


KEYBOARD RUBBER DOME


Keyboard Rubber Dome
Contoh Keyboard Rubber Dome

         Pernah melihat kubah karet yang berada di bawah tombol keyboard kamu? Karet itulah yang disebut Rubber Dome atau biasa dikenal sebagai Membrane. Rubber Dome ini adalah perantara yang memisahkan Key Caps (tombol) dengan Papan PCB dari keyboard.

         Fungsi dari Rubber Dome adalah untuk mengembalikan tombol yang kita tekan kembali posisi awal (kembali naik), dan juga sebagai perantara pemberi perintah. Ketika kita menekal tombol, maka Rubber Dome ini akan tertekan dan menyentuh papan PCB, sehingga memberikan perintah pada keyboard untuk mengaktifkan tombol tersebut. Setelah tombol tertekan dan aktif, Rubber Dome akan mendorong posisi tombol kembali naik ke posisi semula. Cara kerjanya hampir sama dengan yang kita gunakan pada tuts handphone dan tombol remote televisi.

         Kelebihan dari Rubber Dome ini adalah biaya produksinya yang sangat murah (bahkan ada produk keyboard Rubber Dome seharga 30ribu rupiah saja), penggunaannya yang mudah, dan keyboard tipe ini relatif lebih ringan (dibandingkan mechanical keyboard).

         Kekurangannya; umurnya relatif tidak panjang (terutama yang berkualitas rendah), karet cepat rusak dalam pemakaian yang sering, jika karet rusak maka akan sulit untuk mencari spare part yang cocok (karena produsen keyboard pada umumnya tidak memproduksi spare part keyboard, terutama pada bagian rubber dome)

**Jenis karet Rubber Dome sangat bervariasi, dari yang berkualitas rendah sampai yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Tidak semua jenis rubber dome menggunakan karet silicon berbentuk lembaran. Ada juga yang setiap karetnya yang terpisah. Jika di bawah tombol keyboard terdapat karet (apapun bentuknya), sudah dipastikan keyboard tersebuat adalah jenis Rubber Dome.


===============
------ (( 4 )) ------
===============


BENTUK MECHANICAL KEYBOARD SEKARANG


Mechanical Keyboard with LED
Mechanical Keyboard dengan Fitur LED

         Mechanical Keyboard sekarang sudah jauh berkembang dibandingkan dengan Mechanical Keyboard model lama. Tetapi tidak mengurangi sama sekali keunggulan yang terdapat di model lama. Dari dulu Mechanical Keyboard terkenal dengan ketahanannya (durable), kemudahannya dalam membersihkan Key Caps (tombol), kualitas yang tinggi, dan juga terkenal karena bentuknya yang khas (keyboardnya telarif tebal).


Minimalist Mechanical Keyboard
Mechanical Keyboard dengan desain Minimalis

         Namum Mechanical Keyboard sekarang telah berkembang dengan berbagai bentuk yang unik dan inovatif (seperti dilengkapi lampu LED yang dapat disetting). Dari bentuk Keyboard yang sangat unik, keren, aneh, sampai dengan Switch yang bervariasi dengan sensasi yang berbeda-beda saat menekan tombol pada Keyboard.


         Walaupun mulai banyak dipakai dikalangan Gamer, Mechanical Keyboard tidak menjanjikan banyak fitur seperti pada Gaming Keyboard (misalnya dalam fitur macro). Hal yang membuat Mechanical Keyboard bersinar dan banyak dikenal saat ini adalah:

> Sensasi saat menekan tombol (yang berbeda-beda dan dapat kita pilih sesuai selera masing-masing. Tergantung dengan Switch apa yang kita gunakan).
> Key Caps (tombol) memiliki standar dalam hal ukuran, sehingga Key Caps dapat diubah dan diganti-ganti dengan Key Caps lain yang lebih unik dan menarik tanpa harus mengganti keyboard baru.
> Ketahanannya Switch yang sangat tinggi (Tombol pada setiap switch sangat jauh melampaui ketahanan karet Rubber Dome)
> Panjang Umur (bukan hanya bagian tombol saja, tetapi setiap komponen mechanical keyboard terbukti durable)
> Dengan banyak pilihan dan bentuk yang sangat unik (ada yang minimalis, sampai ada yang memiliki lampu LED yang dapat disetting secara kompleks)

         Dan karena pengguna komputer sekarang jauh lebih banyak dari dulu, maka para produsen Mechanical Keyboard mulai berani untuk kembali memproduksi Keyboard mereka. Walaupun harganya Cukup Tinggi (harga termurah masih dikisaran 500ribu rupiah), namun peminatnya terus bertambah.


**bahkan ada Mechanical Keyboard model lama yang berumur lebih dari 20 tahun, namun masih awet sampai sekarang. Bisa lihat di link berikut tentang Keyboard IBM Model M berumur 20 tahun (arstechnica.com)


===============
------ (( 5 )) ------
===============


MECHANICAL SWITCH


Cherry MX Blue Switch
Cherry MX Blue Switch


         Mechanical Switch inilah yang menjadi komponen utama dan ciri khas pada Mechanical Keyboard. Switch ini yang berada di bawah masing-masing tombol, dan bertanggung jawab untuk menerima perintah dari penggunanya. Switch ini menggunakan sistem Spring (per) untuk mengangkat kembali tombol yang sudah tertekan.

Mechanical Switch yang digunakan sekarang berbeda dengan yang dulu. Mechanical Switch sekarang jauh lebih variatif dengan berbagai pilihan switch yang menyugukan sensasi berbeda-beda saat tombol keyboard ditekan (tergantung dengan switch apa yang kita gunakan).

         Mechanical Switch yang banyak beredar sekarang dan banyak digunakan oleh produsen Mechanical Keyboard adalah switch yang diproduksi oleh Cherry Corporation. Mereka menamai switch ini dengan seri MX. Maka umumnya orang akan menyebut switch ini dengan sebutan 'Switch Cherry MX'.


===============
------ (( 6 )) ------
===============


CHERRY MX SWITCH


Cherry MX Switch


         Mechanical Switch seri MX adalah produksi dari Cherry Corporation (ZF Electronics), sebuah perusahaan Jerman-Amerika. Walaupun banyak switch lain di pasaran, tetapi switch inilah yang paling banyak beredar dan menjadi pelopor switch mechanical di era sekarang.


         Perusahaan Cherry ini memisahkan masing-masing kategori switch berdasarkan Warna pada switchnya. Black, Brown, Blue, Red, Clear, dan lain-lain. Masing-masing switch akan memberikan sensasi yang berbeda-beda saat kita menekan tombol pada keyboard. Ada yang berat, clicky (berbunyi), ringan, tidak berisik, dan lain-lain.


===============
------ (( 7 )) ------
===============


PENJELASAN 5 WARNA SWITCH PADA CHERRY MX YANG SERING DIGUNAKAN


         Sebenarnya terdapat lebih dari 5 switch dalam seri Cherry MX dan mungkin akan terus bertambah. Namun 5 Switch inilah yang paling banyak digunakan. Dengan mengetahui 5 switch ini, kamu akan paham sebagian besar tentang Mechanical Keyboard. Dan juga nantinya kamu dapat menentukan sensasi yang sesuai dengan selera dan pilihan kamu masing-masing. Kamu sangat wajib mengetahui jenis-jenis Switch ini sebelum kamu membeli Mechanical Keyboard, agar kamu tidak salah beli dan menyesal kemudian.


------ kamu harus tahu istilah berikut ini terlebih dahulu ------

Non-Tactile = Lurus. Sensasi lurus saat menekan tombol, tanpa adanya ganjalan kecil di dalam switch yang akan menambah sensasi 'klik' saat menekan tombol. Rasanya seperti menekan bagian belakang pulpel untuk mengeluarkan ujung pulpen, tetapi saat sebelum ujung pulpen terkunci di luar (tepatnya sebelum kamu merasakan 'klik').

Tactile = Terdapat ganjalan di dalam switch yang akan menambahkan sensasi 'klik' saat menekan tombol. Rasanya seperti menekan bagian belakang pulpel sampai ujung pulpel terkunci di luar secara sempurna (tepatnya sampai kamu merasakan 'klik')

Non-Clicky = Kondisi dimana tombol yang kita tekan tidak menghasilkan bunyi. Sesasi 'klik' berbeda dengan istilah 'Clicky'. Jadi jika kamu merasakan sensasi 'klik' (seperti saat mengeluarkan ujung pulpen), tetapi tidak terdengar suara 'klik' (yang keras), maka Switch pada Mechanical Keyboard tersebut termasuk non-clicky

Clicky = Tombol yang ditekan akan mengeluarkan suara 'klik' yang cukup keras, seperti mengetik menggunakan mesin ketik. Switch yang clicky sudah pasti tactile.

Bottoming-out = Proses saat tombol pada keyboard terangat naik (kembali ke posisi semula) setelah tombol keyboard digunakan (ditekan).

------------------------------------------------------------


Cherry MX Red Switch
1. Cherry MX Red Switch

Gaya untuk menekan tombol: 45g
Sensasi: Ringan, non-tactile, non-clicky
Suara: Tidak ada. Mungkin yang bertelinga sensitif akan sedikit terdengar suara saat bottoming-out, tetapi swich ini sebenarnya didesain untuk tidak bersuara.
Keterangan: Sensasi yang diberikan adalah ringan dan datar tanpa ada sensasi 'klik' dan bunyi-bunyian





Cherry MX Blue Switch
 2. Cherry MX Blue Switch

Gaya untuk menekan tombol: 50g
Sensasi: Ringan, tactile, dan clicky
Suara: Cukup keras (lumayan nyaring)
Keterangan: Sensasi yang diberikan adalah ringan, sensasi 'klik', dan bersuara cukup nyaring.







Cherry MX Brown Switch
3. Cherry MX Brown Switch

Gaya untuk menekan tombol: 45g
Sensasi: Ringan, tactile, non-clicky
Suara: Tidak ada. Mirip dengan Switch Cherry MX Red, bagi yang bertelinga sensitif mungkin akan mendengar suara saat bottoming-out.
Keterangan: Sensasi yang diberikan adalah ringan dengan sensasi 'klik' tetapi tanpa suara.






Cherry MX Black Switch
4. Cherry MX Black Switch

Gaya untuk menekan tombol: 60g
Sensasi: Medium, non-tactile, non-clicky
Suara: Tidak ada. Sama seperti pada Brown dan Red.
Keterangan: Sensasi yang diberikan adalah agak berat dan datar tanpa ada sensasi 'klik' dan bunyi-bunyian. Mirip dengan Red Switch, tetapi lebih berat.





Cherry MX Clear Switch
5. Cherry MX Clear Switch

Gaya untuk menekan tombol: 65g
Sensasi: Medium, tactile, non-clicky
Suara: Tidak Terlalu Keras
Keterangan: Sensasi yang diberikan adalah agak berat dengan sensasi 'klik' dan suara yang tidak senyaring Blue Switch. Clear Switch ini hampir mirip dengan Brown Switch, tetapi lebih berat. Cherry MX Clear Switch berbeda dengan Cherry MX White Switch.





===============
------ (( 8 )) ------
===============


"SIAPA YANG DIREKOMENDASIKAN MENGGUNAKAN MECHANICAL KEYBOARD?"


1. Para Gamer dengan kebutuhan tertentu (yang berbeda-beda)
          Untuk para gamer dengan kebutuhan yang berbeda dengan game yang berbeda. Butuh tombol yang ringan dengan respon yang cepat  ataupun yang agak berat untuk menghindari miss typing saat gaming? Kamu bisa memilih Switch Mechanical yang cocok dan sesuai dengan game yang kamu mainkan.


2. Untuk Kamu yang banyak menghabiskan waktu bersama keyboard
          Jika kamu sering menggunakan keyboard untuk membuat artikel ataupun meng-input data, mungkin kamu ingin tombol keyboard yang lebih ringan ataupun sensai mengetik dengan suara yang clicky seperti mesin ketik zaman dulu. Cobalah mulai menggunakan Mechanical Keyboard untuk sensasi mengetik yang lebih nyaman, menyenangkan, dan terhindar dari rasa bosan.


3. Kamu yang ingin merasakan sensasi baru saat menggunakan keyboard
          Jika kamu bosan dengan sensasi keyboard yang itu-itu saja, mungkin kamu ingin mencoba Mechanical Keyboard. Dengan berbagai macam Switch yang dapat kamu pilih, dan Key Caps yang dapat kamu ubah-ubah agar Keyboard kamu terlihat lebih cantik (rasanya dandanin mechanical keyboard, kayak punya motor abis itu kamu modif. soalnya Key Caps harganya mahal-mahal)


= = = = = = = = = = = = = = = =


         Itulah beberapa artikel dari berbagai web dan blog yang sudah dirangkum oleh Akira. Semoga dengan artikel di atas, dapat menambah wawasan kamu dan mengenalkan kamu lebih dekat dengan Mechanical Keyboard. Sebelum membeli barang, ada baiknya kamu mengetahui lebih banyak tentang barang tersebut agar kamu paham betul dengan apa yang akan kamu beli. Sehingga kamu tidak akan kecewa karena tidak tahu-an. Thanks :) #akiraasayami

author: Akira Asayami
references:
wikipedia.com
bhinneka.com
arstechnica.com
chemicygaming.blogspot.com
  

2 Comments

  1. Balasan
    1. banyak, gan. Coba search di tokped atau bukalapak. "mechanical keyboard clicky" gitu. Atau search langsung yang blue atau green switch. Logitech G512 (blue switch), Alliance K1 MECA 2.7 RGB (blue switch) & CLIPtec RGK817 Pletero (blue switch). Itu beberapa contoh yg clicky, gan. Berisik tuh kalo buat gaming or typing. Tapi ada sensasi gimanaaa gitu.

      Hapus