Desember 27, 2018

Cara Menampilkan Filename (saja) Pada Playlist Winamp

merubah nama file, winamp music player, nama file, bagaimana cara, software, musik,

Siapa yang tidak kenal Winamp? Software music player ini sudah terkenal sejak komputer jangkrik masih digunakan. Sejak dahulu kala (hhehe...) Winamp terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Software music player ini berkembang seiring berkembangnya komputer dan operating system yang digunakan. Sehingga, saat komputer dan OS sudah semakin canggih, Winamp pun demikian.

Pada akhirnya, Winamp ini menjadi software "wajib" bagi beberapa orang, yang harus terinstall di dalam komputer ataupun laptop yang digunakan. Termasuk pada Akira sendiri. Apapun spec dan OS-nya. Dari kompi dengan processor Intel Pentium III sampai Intel i7. Dari OS Windows 98 sampai Windows 10. Winamp selalu hadir sebagai teman yang akan memutarkan musik-musik epic untuk mewarnai harimu.


Sudah cukup basa-basinya ya hhehe.. Akira ingin membagi sedikit tips kecil untuk memerintahkan si Winamp agar hanya menampilkan nama file (filename) dari semua musik-musik yang kita masukan ke dalam playlist. Kenapa? Karena secara default, Winamp menampilkan metadata dari setiap file. Sehingga nama yang tampil di playlist terlihat acak-acakan, dengan format yang berbeda-beda. Padahal beberapa dari kita mungkin sudah menamai setiap file musik dengan rapih.


Cara Menampilkan Filename (saja) Pada Playlist Winamp

1. Buka Winamp.
2. Klik Option, kemudian klik Preferences.
3. Pada bagian kiri, cari dan klik Titles.

Cara Menampilkan Filename (saja) Pada Playlist Winamp, merubah nama file, winamp music player, nama file, bagaimana cara, software, musik,

4. Pastikan bagian Use advanced title formatting when possible tercentang/terceklis.
5. Ubah isi dari Advanced title display format, menjadi  $filepart(%filename%)
6. Klik Close.
7. Setelah notifikasi Refresh playlist titles muncul. Klik Ok.
8. Selesai!

Penutup
Cara ini akan menampilkan nama dari setiap file musik yang ada di playlist Winamp. Sehingga Winamp tidak lagi membaca dan menampilkan metadata sebagai nama dari setiap file musik. Pada akhirnya kita dapat menemukan musik yang kita inginkan dengan mudah, karena urutan dan nama yang ditampilkan akan familiar dengan nama file aslinya.

Tips ini informatif? Temukan juga tips dan artikel informatif lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu...

author: Akira Asayami