Oktober 19, 2018

4 Solusi Youtube error 503, Pada Android dan Desktop Browser

eror, 410, 400, 501, tidak bisa, offline, aplikasi, software, android, komputer

Apa maksud dari error 503 pada youtube? Banyak orang yang kebingungan beberapa hari sebelum artikel ini dibuat. Pada waktu yang bersamaan, banyak dari pengguna internet yang mengeluhkan tentang youtube yang tidak dapat diakses melalui browser komputer maupun app android dengan menampilkan kode error 503. Sebenarnya apa penyebabnya dan apa solusinya? Baca beberapa penjelasan tentang error 503 dan solusinya di bawah.

# Apa itu error 503 ?
Error 503 merupakan sebuah respond dari server yang menjelaskan bahwa situs yang akan kita akses sedang tidak tersedia untuk sementara waktu. Kode error ini bukan hanya terjadi pada youtube saja. Website atau beberapa game pun akan memberikan kode error 503 jika servernya dalam status tidak dapat diakses. Kode 503 umumnya akan muncul jika server gagal melayani request dari user dalam durasi yang ditetukan (time-out), atau karena gagalnya koneksi ke proxy server. Hampir seluruh kasus error 503 yang terjadi, disebabkan oleh kondisi server yang terlalu sibuk (busy) atau karena proses maintenance yang sedang berjalan. Karena dua alasan tersebut, maka mau tidak mau, server akan down.


# Apa solusi yang bisa dilakukan?
Setelah mengetahui tentang kode error 503 pada youtube dan penyebabnya, sekarang ada beberapa solusi yang dapat kamu lakukan.
  • Cara 1, Refresh page video yang sedang dibuka. Mungkin server terlalu sibuk dalam sesaat, yang mengakibatkan tidak stabilnya respond yang diberikan server. Coba refresh page video satu atau dua kali. Jika masih gagal, kita lanjut ke cara berikutnya.
  • Cara 2, Restart modem, router, komputer, atau smartphone. Kemungkinan paling besar dari kode error 503 adalah status server yang dalam kondisi down, namun tidak menutup juga kemungkinan lain yang menyebabkan error ini. Contohnya saja masalah konfigurasi pada DNS server pada modem, router, komputer, atau device lainnya yang sedang kamu gunakan. Jika memang demikian, umumnya me-restart device akan memperbaiki masalah ini.
  • Cara 3, Tunggu beberapa saat, kemudian coba reload page video. Mungkin disaat itu trafik terlalu tinggi dan server youtube tidak dapat meng-handle-nya. Coba tunggu 10 sampai 30 menit. Jika banyak pengguna yang mengalami hal serupa, maka beberapa dari mereka pasti akan menanggalkan niatnya untuk membuka youtube dan beralih ke hal lain. Secara otomatis, trafik juga akan menurun, dan server tidak akan terlalu penuh.
  • Cara 4, Harap bersabar lebih lama lagi. Jika dalam kurun waktu yang cukup lama, tidak ada perubahan yang terjadi, mungkin ada kerusakan parah atau hal darurat yang terjadi. Misalnya saja server youtube sedang dibajak Megatron, atau ada ufo jatuh tepat di lokasi komputer server milik youtube. Hhehe.. siapa yang tahu. Solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah banyak-banyak bersabar. Coba lakukan kegiatan lain. Seperti ikut berpartisipasi membuat meme tentang kondisi youtube yang dalam kondisi down. Pasti rame tuh.
Penutup
Kamu bisa terlebih dulu melihat kondisi yang terjadi di sekitarmu ataupun di sosial media. Youtube adalah salah satu situs paling popular yang sangat amat banyak penggunanya. Jika kamu menemukan banyak keluhan di sosial media, atau device yang digunakan oleh temanmu juga tidak bisa mengakses youtube, maka dapat dipastikan masalah berada pada pihak server. Tunggu saja beberapa saat, sampai pihak youtube memperbaiki masalah yang ada. Mungkin beberapa dari kita ada yang panik dengan hal ini. Tapi sebenarnya ini adalah hal biasa yang sudah sering terjadi. Jadi, woles & santai aja ya... Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com sankyu..

author: Akira Asayami
reference: imobie.com
 

6 Comments

  1. Sudah 3hr youtube ter dapat masalah jaringan 503. Bagai mana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 hari? Mungkin diblokir dari pengaturan modem/router. Atau agan memakai vpn? Atau juga pengaturan APN? Coba dicek dulu satu per satu

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ada berita, gan. Layanan Google termasuk Youtube memang sedang down. Solusinya ya hanya menunggu. Tapi, saat gw reply ini, gw yakin sudah bisa lagi youtube-nya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ada berita, gan. Layanan Google termasuk Youtube memang sedang down. Solusinya ya hanya menunggu. Tapi, saat gw reply ini, gw yakin sudah bisa lagi youtube-nya. Sorry telat reply-nya :(

      Hapus