September 15, 2018

5 Kelebihan & Kekurangan Headset Wireless, Harus Tahu Sebelum Beli!

Jangan kamu beli wireless headset, headphone, earphone, handsfree, apapun itu sebelum kamu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Kebanyakan orang yang ingin membeli headset wireless, hanya melihat dari satu sisi saja. Yaitu kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Namun masih ada beberapa hal lagi yang perlu dipertimbangkan. Setiap kelebihan pasti akan diikuti dengan kekurangan. Simak infonya di bawah.

jelek, bagus, terbaik, apa, headphone, earphone, handsfree, earbud

KELEBIHAN

1. Ruang gerak lebih luas
Ini adalah fitur utama headset wireless yang menjadi alasan orang-orang ingin membelinya. Tanpa terbatas kabel, kamu lebih leluasa untuk melakukan kegiatan sembari mendengarkan musik. Memakai headset saat riding? olahraga? memasak? tidur-tiduran? Bisa! Dan yang terpenting, tidak perlu ada konflik dengan kabel hhehe..

2. Mudah simpan dengan rapih
Selepas pemakaian, kamu tidak perlu menggulung kabel seperti pada wired headset. Bahkan kamu tidak perlu takut untuk mencampurkan headset dengan benda-benda lain, karena tidak akan ada kabel headset yang membelit dan kusut sana sini. Tips: Pouch kecil bisa menjadi teman setia headset-mu.

3. Cenderung lebih awet
Lagi-lagi masalah kabel. Resiko kerusakan dapat diminimalisir dengan meniadakan penggunaan kabel. Tidak terdengarnya suara pada salah satu sisi headset adalah kerusakan yang paling umum terjadi pada wired headset. Ya, hampir selalu kerusakan ini terletak pada kabel.

4. Kualitas audio mengimbangi wired headset
Jangan kira kualitas audio headset bluetooth itu buruk. Kualitas suara yang dihasilkan oleh headset wireless tidak berbeda dengan wired headset. Mau yang biasa aja? suara bening? atau bass yang powerful? Kamu hanya butuh memilih produk yang tepat sesuai selera dan budget masing-masing ya..

5. Future-proof / Futuristic
Maksudnya ada kemungkinan tidak tergerus oleh zaman (setidaknya untuk waktu dekat ini). Bermula dari Apple, sekarang beberapa perusahaan smartphone mulai menghilangkan port audio jack dari beberapa produk high-end buatan mereka. Walaupun dulu sempat dibully, secara perlahan mulai ada yang mengikuti langkah yang diambil Apple ini.


KEKURANGAN

1. Kualitas itu mahal
Memang benar kalau kualitas suara yang dihasilnya headset wireless tidak berbeda dengan wired headset. Namun, untuk mendapatkan kualitas suara yang setara dengan wired headset, kamu butuh merogoh kocek lebih dalam. Jika terdapat headset wireless dan wired yang dibandrol dengan harga yang sama, kamu pasti akan tahu, mana yang memiliki kualitas suara lebih baik.

2. Terbatas baterai
Baterai butuh di-charge setelah beberapa jam pemakaian. Keterbatasan baterai ini sebenarnya sebanding dengan kenyamanan yang didapatkan. Tapi tetap saja, ini merupakan keterbatasan.

3. Buruk untuk gaming
Kenapa? Hampir seluruh, sekali lagi, Hampir seluruh headset wireless yang ada akan memiliki latency yang menyebabkan delay pada audio yang dihasilkan. Dari sepersekian detik, sampai parahnya beberapa detik. Tergantung dari produk, atau kompatibelitas produk pada device. Kecuali kamu hanya menggunakannya untuk menonton video atau mendengarkan musik, hal ini tidak menjadi masalah (kecepatan audio dapat diatur di media player). Kamu kira kenapa mayoritas gamer pro masih menggunakan headset kabel?

4. Kualitas audio berpengaruh pada versi bluetooth pada device
Bluetooth versi berapa yang digunakan headset wireless milikmu? Bluetooth versi berapa yang dimiliki smartphone milikmu? Jika bluetooth smartphone, kompi, ataupun laptopmu memiliki versi yang lebih rendah dari yang digunakan oleh headset wireless, bisa dipastikan kualitas audio yang dihasilkan akan menurun (dan umumnya perbedaannya cukup jelas di telinga). Atau parahnya, tidak bisa dipakai di device tersebut.

5. Lebih awet, bukan berarti tidak bisa rusak
Tetap dibutuhkan kehati-haitan untuk merawat headset wireless. Walaupun tidak ada kabel yang bisa terputus, benturan keras atau air tetap bisa mengakibatkan kerusakan. Apalagi kalau sampai headset terlepas dan jatuh tanpa sadar.


KESIMPULAN

Headset tanpa kabel bukanlah keharusan. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing. Jika memang hanya untuk pemakaian umum seperti mendengarkan musik atau menonton film, headset wireless akan memberikan kenyamanan yang luar biasa, disaat santai ataupun sambil beraktifitas. Tapi, jika kamu termasuk gamer garis keras, suka main game yang membutuhkan ketangkasan dan ketepatan waktu, seperti game FPS atau MOBA (atau juga MOBALOG hhehe..), sudah pasti kamu akan menyesal jika kamu tetap membeli headset wireless ini. Karena delay yang diakibatkan akan berdampak buruk pada gaming experience kamu. Baca juga artikel menarik lainnya di weakwings.blogspot.com ya.. Ciao..

author: Akira Asayami
  

2 Comments