Maret 07, 2018

Tips Menggunakan Hero Grakk The Devourer - AOV Guide (by Akira)

main, memainkan, hook, trik, bermain, arena of valor

Di artikel ini Akira akan membahas tentang panduan cara memainkan hero Grakk. Hero yang dikenal dengan skill hook-nya (Devil's chain). Tips tentang role, item, gameplay dan yang lainnya bisa kamu dapatkan di bawah sini ^^ Silahkan disimak..


= Skill =

main, memainkan, hook, trik, bermain, arena of valorBlood Ritual (passive)
Saat Grakk menerima damage sebanyak 10% dari HP-nya atau lebih, maka Grakk akan menyebabkan ledakan yang mengakibatkan 40(+74)(+2% dari max HP) magic damage ke musuh yang berada disekitarnya (radius 500 unit) dengan cooldown 2 detik. Saat Grakk mati, maka Grakk akan memicu ledakan yang lebih besar yang mengakibatkan 160(+299)(+8% dari max HP) magic damage.


main, memainkan, hook, trik, bermain, arena of valorEarthquake
Cooldown 4 detik
Grakk menghentak bumi, dan mengakibatkan 150 magic damage ke musuh yang berada disekitarnya, juga menurunkan movement speed mereka sebanyak 30% selama 2 detik. Musuh yang berada sangat dekat akan menerima double damage, dan juga terkena efek slow lebih lama.


main, memainkan, hook, trik, bermain, arena of valorDevil's Chain
Cooldown 17/16/15/14/13/12
Grakk melempar hook. Musuh yang terkena hook ini akan menerima 625 magic damage, dan tertarik langsung ke arah Grakk. Devil's chain memiliki efek passive, yaitu setiap kill atau assist akan meningkatkan HP Grakk sebanyak 125 (max stack 20).


main, memainkan, hook, trik, bermain, arena of valorWorld Devourer
Cooldown 40/35/30
Setelah delay beberapa saat, Grakk akan memberi efek stun dan menarik semua musuh yang ada di depannya. World Devourer menyebabkan total 1200 magic damage. Grakk juga akan mendapatkan shield secara berkala jika skill ini mengenai setidaknya 1 musuh.


= Role =
Role paling cocok untuk Grakkk adalah mage carry, tank, atau support. Yang menentukan role pada hero Grakk ini hanyalah build yang digunakan. Kombinasi item magical damage, untuk role mage carry. Kombinasi item defense, untuk role tank. Kombinasi item team buff, untuk role support. Tidak ada perbedaan untuk cara bermain.




= Favorite Item =
  • Berith's Agony (tier 3 magic item). Sangat cocok untuk Grakk dengan role apapun. Memberi armor, menambah ability power, dan reduce cooldown. Unique passive-nya akan memberikan damage sebanyak 4% dari HP musuh saat itu.
  • Frosty's Revenge (tier 3 magic item). Item untuk Grakk dengan role magic carry.  Menambah ability power, magic defense, dan movement speed. Unique passive-nya akan memberikan efek slow untuk setiap skill yang menyebabkan damage pada musuh. Efek slow-nya akan menjadi sangat kuat, jika dikombinasikan dengan skill milik Grakk.
  • Mail of Pain (tier 2 defense item). Item untuk Grakk dengan role tank. Menambah max HP dan armor. Unique passive-nya akan memantulkan 15% phsycal damage dari musuh, namun sebagai magical damage.
  • Magic Ring (tier 1 magic item). Item terfavorit dari Akira sendiri. Magic ring akan memberi efek reduce cooldown sebanyak 10%. Akira akan membeli 2 Magic ring saat early game. Sangat berguna untuk memotong durasi cooldown dari skill Devil's chain.

= Kumpulan Tips =
  • Walaupun Grakk memiliki skill Blood Ritual, tapi jangan jadikan mati sebagai tujuan. Grakk akan lebih berguna dan menghasilkan lebih banyak damage ketika hidup. Kemungkinan musuh terkena ledakan saat Grakk mati, sangatlah kecil. Sebelum Grakk meledak, musuh dapat dengan mudah keluar dari radius ledakan.
  • Solo fight = Mati (kecuali di dekat tower)
  • Usahakan selalu ikut serta dalam war atau fight, walaupun hanya fight kecil. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan kesempatan kill atau assist lebih banyak. Sehingga HP kamu juga akan meningkat akibat efek passive dari skill Devil's Chain.
  • Selalu spam skill Earthquake saat Grakk di tengah pertempuran. Skill ini memiliki cooldown yang sangat singkat. Damage dan efek slow yang diberikan, akan sangat membantu hero teman untuk melibas musuh.
  • Jangan arahkan hook langsung ke arah musuh (kecuali musuh berjalan lurus satu arah dengan arah hook). Jika musuh bergerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya, maka berikan prediksi sesuai dengan kecepatan gerak musuh. Arahkan hook sedikit lebih jauh ke arah depan musuh.
  • Jangan lakukan hook jika menungkinan besar musuh akan lolos. Karena cooldown-nya relatif lama. Dan kemungkinan kamu akan melewatkan kesempatan emas setelahnya.
  • Jika target kamu adalah hero yang dapat melakukan jump atau dash seperti Murad atau Airi. Maka tunggulah musuh mengaktifkan skillnya, baru kamu lakukan hook.
  • Saat sedang sibuk, musuh lebih mudah terkena hook. Manfaatkan konsidi saat musuh sedang menyerang creep atau sedang melakukan fight dengan hero teman.
  • Hook ke arah semak-semak. Prediksi dimana musuh mungkin bersembunyi. Contohnya di antara semak yang berada di mid lane. 
  • Kamu dapat membunuh creep yang sekarat dengan mudah menggunakan Devil's chain. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk mencuri creep jungle dari musuh.
  • Musuh yang melakukan skill chanelling adalah target termudah. Selain mudah menjadi sasaran hook, skill musuh juga akan terhenti. Contohnya saja ultimate milik Diao Chan dan Gildur.
  • Selalu aktifkan skill Earthquake setelah Devil's Chain apapun kondisinya.
  • Skill World Devourer memiliki delay yang memberikan kesempatan musuh untuk kabur sebelum skill aktif. Maka gunakan skill Earhquake terlebih dahulu sebelum World Devourer, untuk memberikan efek slow.
  • Saat early sampai mid game, lokasi terbaik adalah berada di dekat tower. Berhubung hero carry teman belum mempunyai damage yang mumpuni, tower adalah sumber damage terbesar. Hook musuh ke dalam radius serang tower. Dan jangan lupa gunakan skill Earthquake.
  • Jika musuh melakukan push, maka jangan pernah melakukan pertarungan di depan tower. Berdirilah di belakang tower, dan hook musuh 1 per satu. Damage dari hero teman dan tower sangat cukup untuk membubuh hero musuh 1 per 1. Kemudian lakukan push setelah 3 hero musuh terbunuh.
  • Saat melakukan push, dan creep belum mencapai tower musuh, maka jangan langsung mudur. Tunggu di depan tower musuh dan hook setiap musuh yang bersembunyi di balik tower. Lakukan hal ini jika hero teman berada dekat dengan kamu.
  • Posisi terdepan tidak selalu menjadi posisi terbaik untuk Grakk yang menpunyai HP tebal. Grakk juga sangat berguna diposisikan dipaling belakang (atau berada agak jauh dari pusat war). Fungsinya untuk memecah formasi musuh. Grakk dapat menarik hero tank musuh keluar area war, sehingga menyisakan hero-hero dengan HP lemah di sana (mage, archer, dan assassin). Atau Grakk dapat memarik keluar hero musuh dengan damage tertinggi yang merupakan ujung tombak mereka.

Setiap build, tips, panduan, dan gameplay yang disarankan beberapa pemain tidaklah harus ditiru oleh pemain yang lain. Kamu dapat menjadikannya sebagai referensi. Banyak pemain pro yang sudah menemukan cara yang tepat untuk memainkan hero-hero tertentu. Namun pada dasarnya, setiap orang mempunyai style bermain yang berbeda-beda. Dan ini bukanlah hal yang dapat disalahkan. Tunggu tips & trik lainnya dari Akira ^^

author: Akira Asayami

6 Comments