Maret 19, 2018

6 Tips Melakukan Pencarian Di Google Secara Tepat & Akurat

spesifik, trick, trik, tricks, searching, menggunakan, cara, detail, maksimal
Tips melakukan pencarian pada google secara lebih tepat dan akurat. Kamu pasti pernah mendapati hasil pencarian yang kamu lakukan di google, tidak menampilkan apa yang kamu cari. Cenderung "ngawur" atau terlalu melebar ke pokok pembahasan yang lain. Sebenarnya google sudah mengetahui kalau hal seperti ini pasti sewaktu-waktu akan terjadi. Maka google juga menyediakan cara atau fitur yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pencarian dengan lebih akurat.

Di artikel ini Akira akan membahas tentang beberapa cara yang dapat kamu terapkan, untuk mempermudah proses pencarian (searching) menggunakan google. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan kamu dapat menggunakan google secara maksimal. Sehingga kamu dapat mempelajari segala hal yang kamu minati, secara mendalam melalui google.


1. Penambahan tanda kutip dua ( "contoh" )
contoh pencarian:  "motor terbaik honda"
Google akan menampilkan hasil pencarian yang lebih spesifik dan akurat, jika kita menambahkan tanda kutip dua di dalam pencarian. Contohnya saja jika kita melakukan pencarian motor terbaik honda. Jika kita tidak menambahkan tanda kutip dua, maka google akan menampilkan postingan atau artikel yang berkaitan dengan kata Motor, kata Terbaik, dan kata Honda. Sehingga akan banyak postingan atau artikel yang muncul, yang berisi tentang kumpulan motor terbaik berbagai merek. Dan honda hanya akan menjadi salah satu merek yang akan dibahas di sana. Tapi jika kamu menggunakan tanda kutip,  "motor terbaik honda"  maka google akan menampilkan postingan atau artikel yang berisi kalimat motor terbaik honda, secara spesifik tanpa terpisah. Cara ini akan sangat membantu dalam pencarian.


2. Penambahan tanda kurang/minus ( -contoh )
contoh pencarian:  bieber -justin
Dengan menambahkan kata yang awali dengan tanda kurang ( - ), akan mencegah google untuk menampilkan postingan atau artikel yang mengandung kata tersebut. Contohnya saja jika kita melakukan pencarian tentang bieber, maka pasti akan banyak postingan atau artikel yang ditampilkan yang berkaitan dengan Justin Bieber. Karena Justin Bieber termasuk ke dalam daftar salah satu  pencarian terbanyak. Namun jika kamu melakukan pencarian bieber -justin maka google akan menampilkan postingan atau artikel yang berisi kata bieber, tapi tidak dengan kata justin. Maka kamu tidak perlu khawatir si Justin Bieber tampil di pencarian (teratas) dari google.


3. Penambahan tanda tilde ( ~contoh )
contoh pencarian:  ~tumbuhan rambat
Jika kata dengan tanda kurang, berfungsi untuk mencegah tampilnya postingan atau artikel yang berkaitan dengan kata tersebut, maka tanda tilde ( ~ ) akan memerintahkan google untuk menampilkan pencarian yang berkaitan dengan kata tersebut, beserta dengan sinonim-sinonimnya (dari kata yang diberi tilde saja). Contohnya kita melakukan pencarian tumbuhan rambat. Maka google akan menampilkan postingan atau artikel yang berisi kata tumbuhan dan rambat. Namun jika kita tambahankan tanda ( ~ ) di depan kata tumbuhan, maka google akan menampilkan juga alternatif lain dari kata tumbuhan. Seperti tanaman, pohon, dan lain sebagainya.


4. Penambahan tanda bintang diantara kalimat ( contoh * contoh )
contoh pencarian:  ke * ke tepian
Tanda bintang ( * ) berfungsi untuk menggantikan posisi suatu kata yang kita lupa atau tidak tahu, namun kita yakin kalau kata itu memang harusnya berada di sana. Contohnya saja kita mencari pribahasa yang kita lupa. Jika kita hanya melakukan pencarian ke tepian, maka pencarian akan terlalu luas. Jika kita melakukan pencarian ke ke tepian, maka pencarian juga terlalu luas. Jika kita melakukan pencarian ke * ke tepian, maka google akan menampilkan postingan atau artikel yang berisi kata ke, sebuah kata yang kita lupa di depan kata ke, dan kata ke tepian. Maka google akan mendapati pencarian terbanyak yang menampilkan kata hulu, sebagai alternatif sebuah kata yang kita lupa. Maka kita akan mendapati tentang pribahasa berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian di pencarian teratas dari google.


5. Melakukan konfersi
contoh pencarian:  100 c to f  atau  2000 mb to gb
Kamu juga dapat menggunakan google untuk melakukan konfersi secara cepat, akurat dan mudah. Caranya cukup dengan memasukan nilai angka (yang ingin kamu konfersi), kemudian satuan awal, kemudian satuan target. Contohnya jika kamu ingin menkonfersi suhu dari 100 derajat celcius ke derajat fahrenheit. Kamu hanya butuh memasukan 100 c to f, atau kamu juga bisa memasukan 100 celcius to fahrenheit pada pencarian google. Kedua cara tersebut dapat terbaca dengan mudah oleh google, dan hasil konfersi akan langsung tampil. Dan cara konfersi ini adalah salah satu fitur yang disediakan goole. Bukan hasil yang diambil dari postingan atau artikel dari website atau blog tertentu.


6. Fitur Pencarian Google yang lebih detail
Kalau umumnya kita hanya menggunakan keyword untuk melakukan pencarian pada google, sebenarnya kita dapat melakukan pencarian yang lebih detail dan akurat di site  https://www.google.com/advanced_search  Di sana disediakan berbagai opsi yang dapat kita gunakan untuk melakukan pencarian secara detail. Seperti tanggal publish sebuah postingan, bahasa, negara asal, tipe file, dan lain sebagainya.


Demikian cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pencarian menggunakan google secara maksimal dan akurat. Sebenarnya masih banyak lagi fitur pencarian google yang dapat kamu gunakan, namun Akira hanya membahas cara-cara yang penting saja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca ^^

author: Akira Asayami