Agustus 05, 2016

Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!

Istilah-Istilah Di Dalam Dota 2 yang Harus Kamu Tahu Biar Ga Malu-Maluin!
img_source: biggreenpepper@deviantart

         GGWP, Noob, AFK, Backdoor, Hard Lane.  Jangan bingung dengan istilah-istilah Dota 2 ini. Jika kamu adalah seorang newbie di dalam Dota 2 maka kamu harus tahu beberapa istilah ini untuk membangun strategi bersama teammu. Memang terdengar sepele namun beberapa pemain lama juga ada yang tidak mengerti arti dari kata-kata berikut, dan itu akan berdampak pada kurang efektifnya strategi yang akan digunakan. Minimal ngertilah kalo diajak ngomong. Biar ga malu-maluin XD LOL


BASIC
by : Akira Asayami

Dota 2 Basic
Screenshot

Ancient > Bangunan utama yang berada di tengah Base. Bangunan ini adalah penentu kemenangan di dalam game Dota 2. Team yang dapat menghancurkan ancient musuhnya adalah pemenang.

Fountain > Daerah yang berada di dalam Base. Tempat untuk meregenerasi HP dan Mana, tempat respawn untuk hero, dan juga dapat digunakan untuk membeli beberapa item. Fountain akan menyerang setiap unit musuh yang masuk.

Melee > Serangan jarak dekat. Unit melee tidak memiliki range pada serangannya, sehingga unit melee harus mendekati musuh untuk menyerang.

Range > Serangan jarak jauh. Unit range memiliki jangkauan serang yang jauh sehingga dapat menyerang dari jarak tertentu. Serangan range dapat melewati segala unit atau obstacle yang menghalangi. Setiap Hero Range mempunyai jangkauan serang yang berbeda-beda.

HP > singkatan dari Healt Point atau biasa disebut 'darah' di dalam dunia game.adalah point yang menunjukan total damage yang dapat diterima dari suatu unit. Jika unit kerkena damage maka point ini akan berkurang. Jika point ini mencapai titik 0 maka unit akan mati. Indikator HP adalah bar berwarna hijau.

Mana > Biasa juga disebut energy, adalah point yang akan digunakan/diconsume untuk menggunakan beberapa ability ataupun item tertentu. Indikator Mana adalah bar berwarna biru yang berada tepat di bawah Health Point Hero yang berwarna hijau.

Ability > Biasa juga disebut Skill atau Spell. Adalah kemampuan bawaan masing-masing Hero.

Cooldown > Jeda waktu yang diperlukan sebelum ability ataupun item dapat digunakan kembali.

Active Skill > Ability yang dapat diaktifkan dengan cara meng-klik tombol skill ataupun menekan hotkeys (shortcut skill) pada keyboard.

Passive Skill > Ability yang aktif secara otomatis pada hero tanpa perlu diaktifkan. Kebanyakan passive skill adalah skill type buff yang akan menghasilkan efek positif pada Hero pemiliknya.

Respawn > Kondisi saat hero yang terbunuh kembali hidup ke dalam arena.

Early / Mid / Late Game > Early game adalah sebutan untuk tahapan awal pada game, biasanya dari menit 0 sampai kira-kira 20 menit. Mid game berada pada waktu kira-kira 30 menit. Late Game berada pada waktu 50 menit keatas. Pada late game biasanya para hero sudah mempunyai item-item utama dan memiliki level yang tinggi. Late game ini adalah puncak dari game.

Build > Kombinasi item yang dibeli, dan urutan skill yang akan diaktifkan. Build akan berdampak pada Role dan gameplay dari hero yang akan digunakan. Hero yang sama dapat mengambil Role yang berbeda-beda (support, carry, dll) di dalam sebuah game, tergantung dari build apa yang dia gunakan.

Buyback > Proses membayar gold dalam jumlah tertentu agar hero yang mati dapat respawn secara instant, tanpa menunggu waktu penalty. Player Dota 2 sering menyingkat Buyback dengan sebutan 'bb'.

DPS > singkatan dari "Damage Per Second". Adalah besaran rata-rata damage yang dihasilkan hero tiap detiknya. DPS tidak dihitung hanya dari attack speed, tetapi total damage yang dihasilkan dalam waktu tertentu baru akan dihitung rata-ratanya tiap satu detik.

AoE > singkatan dari "Area of Effect". Adalah radius dari penggunaan ability ataupun item, yang dapat mengenai beberapa target sekaligus di dalam area tertentu.

Ultimate (Ulti) > Ability paling terakhir yang dapat diambil setelah hero mencapai level 6. Umumnya ability ini adalah ability terkuat dari masing-masing hero. Beberapa orang juga menyebut ulti sebagai 'SS'

Auto Attack > Settingan dasar dimana saat hero secara otomatis akan menyerang setiap musuh yang ada di dalam jangkauan serangnnya.

Creep > Monster yang akan muncul dari setiap Base (Dire & Radiant) yang akan keluar dari setiap Barrack yang berada di ujung Lane (top, mid, bottom) yang secara otomatis akan maju dan menyerang setiap musuh yang ada di dalam jangkauan serangnya. Creep mempunyai pola gerak tertentu yang sudah ditentukan.

Report > ada 2 arti untuk kata report di Dota 2. Arti pertama adalah, melaporkan kondisi hero lawan yang menghilang dari lane (contoh: "Nyx is missing!". ini adalah salah satu contoh report/laporan agar teman kita lebih berhati-hati kerena Nyx tidak terlihat di Map). Arti yang kedua dari report adalah, melakukan vote kepada pemain yang buruk agar permain itu mendapatkan penalty/hukuman.


*     *     *     *     *


LOCATION
by : Akira Asayami


Dota 2 Arena Map
Dota 2 Arena Map

Fog of War > kabut yang berada di dalam area yang tidak terjangkau oleh range vision (jarak pengelihatan). Kita hanya dapat melihat kedalam fog of war dengan cara berjalan mendekat, atau juga bisa dilakukan dengan cara memasang observer ward.

Jungle > Daerah pepohonan tempat dimana banyak neutral creep muncul. Jungle Dire ada di posisi top (atas), sedangkan Jungle Radiant ada di posisi bottom.

Lane > Jalur dimana creep berjalan dari base sampai base musuh. Terdapat beberapa Tower pada lane, dan dimasing-masing sudut lane terdapat Barrack tempat untuk creep keluar.

Hard Lane/ Off Lane/ Long Lane/ Suicide Lane > Salah satu lane di arena Dota 2 dengan posisi yang menyulitkan untuk farming. Posisi tower berada jauh dengan titik temu creep, dan posisi yang rentan untuk terkena gank oleh hero musuh karena terdapat pepohonan yang dapat digunakan untuk bersembunyi. Untuk Dire, hard lane berapa di bottom. Untuk Radiant, hard lane berada di top (atas).

Safe Lane/ Easy Lane/ Short Lane > Salah satu lane dalam Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melakukan farming. Posisi friendly tower dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu Creep, sehingga memudahkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk Radiant adalah lane bottom, sedangkan untuk Dire berada di lane top.


*     *     *     *     *



STATUS EFFECT
by: Akira Asayami

Venomancer's Poison Nova. Debuff to enemies units
Venomancer's Poison Nova. Debuff to enemies units

Buff > Efek positive yang biasanya berasal dari item tertentu dan ability tertentu dari beberapa hero. Umumnya berefek pada friendly hero, creep, dan bahkan pada bangunan di dalam sebuah team.

Debuff > Efek negative yang biasanya berasal dari item dan ability tertentu dari beberapa hero. Biasanya debuff ditargetkan kepada hero musuh dengan efek seperti silent, poison, slow, dll. Menghilangkan efek positive pada hero musuh juga dapat disebut debuff.

Dispel > Menghilangkan efek positive maupun negative pada hero.

Spell Immunity > Buff yang didapat sementara, yang mengakibatkan hero menjadi kebal terhadap hampir semua ability dari hero lain, sehingga dapat mempermudah untuk kabur atapun bertarung tanpa khawatir terganggu oleh ability2 dari musuh. Spell Imumnity bisa didapatkan dari item Black King Bar, atapun beberapa ability hero tertentu seperti milik Lifestealer.

Stun > Status negatif sementara yang mengakibatkan hero lumpuh sehingga tidak dapat bergerak dan tidak dapat melakukan apapun (seperti menggunakan item dan ability).

Magic Resistance > Atribute pada hero ataupun unit lain, yang berefek mengurangi jumlah damage tipe magical yang mengenai unit tersebut.

Break > Kondisi saat skill passive pada hero menjadi nonaktif sampai durasi tertentu.

Silent > Kondisi saat skill active pada hero ataupun unit lain tidak dapat diaktifkan sampai durasi tertentu.

True Sight > Kemampuan untuk melihat object yang tidak terlihat secara langsung (invisible) seperti ward, bomb, dan hero invisible seperti Riki. True Sight bisa didapatkan dari beberapa ability hero (seperti Track milik Bounty Hunter) dan juga item2 tersentu seperti sentry ward, dust of apperance, dll.

True Strike > Kemampuan untuk menyerang hero musuh dengan persentase sukses 100% sehingga serangan tidak akan miss. True Srike didapatkan dari item Monkey King Bar.


*     *     *     *     *



DAMAGE TYPE
by: Akira Asayami

Queen of Pain's Sonic Wave gives Pure Damage
Queen of Pain's Sonic Wave gives Pure Damage

Physical Damage > Semua damage serangan normal dari setiap unit adalah physical damage. Armor berpengaruh pada physical damage. Semakin besar point armor, maka semakin sedikit physical damage yang akan diterima

Magical Damage > Kebanyakan damage dari ability adalah magical damage. Armot tidak akan berpengaruh pada magical damage. Magic resistance lah yang akan mengurangi Magical Damage. Magic resist bisa didapatkan dari beberapa ability hero (seperti anti-mage & Rubick) dan beberapa item seperti Pipe of Insight.

Pure Damage > Damage murni yang tidak akan dikurangi oleh hal apapun. Entah itu armor atapun magic resistance tidak akan berdampak pada pure damage. Contohnya ulti milik Queen of Pain.


*     *     *     *     *



ACTION
by: Akira Asayami

Crystal Maiden. Pulling Creep
Crystal Maiden. Pulling Creep

Push > Tidakan menyerang maju kearah base musuh dengan fokus menghancurkan tower, barrack, atapun ancient.

Warding > Kegiatan pemasangan observer ward dengan tujuan memperluas jarak pengelihatan dan membuka pengelihan di lokasi-lokasi tertentu.

Deward > Proses mencari dan menghancurkan ward  milik team lawan.

Deny > Membunuh friendly creep agar musuh tidak mendapatkan gold dan hanya mendapatkan sedikit exp, ataupun menghancurkan friendly tower yang sekarat agar para hero musuh hanya mendapatkan sedikit gold. Dalam kondisi tertentu kita juga dapat melakukan deny pada friendly hero.

Jungling > Proses mencari dan membunuh neutral creep di dalam jungle untuk mendapatkan gold dan exp.

Farming > Jika diartikan ke bahasa indonesia, adalah "berkebun". Namun di dalam Dota 2, Farming adalah kegiatan mengumpulkan gold dengan cara membunuh creep dan neutral creep dengan tujuan membeli item tertentu. Dalam posisi farming biasanya hero akan menghindari kontak dengan musuh, dan hanya berfokus untuk mengumpulkan gold yang banyak.

KS > Singkatan dari "Kill Steal". Tindakan mencuri point kill yang akan didapatkan oleh friendly hero di dalam team, dengan cara melakukan last hit pada hero musuh yang akan hampir terbunuh.

Spam (ability) > Penggunaan ability secara terus menerus, pada ability yang mempunyai cooldown yang singkat.

Juking (Juke) > Gerakan mengecoh agar terlepas dari kejaran atapun gank hero lawan. Juke dapat dilakukan dengan cara mengarahkan pergerakan hero secara acak, sehingga musuh tidak dapat memprediksi arah tujuan hero yang kita kendalikan. Juke juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan pepohonan ataupun cliff.

Kite > Gerakan menjauh dari hero musuh sambil terus memberikan damage. Biasanya disebut hit-and-run pada game lain. Biasanya teknik ini dilakukan oleh hero type range karena memiliki jangkauan serang yang jauh.

Last Hit > Serangan terakhir yang dilakukan oleh hero yang menyebabkan musuh terbunuh. Hero yang melakukan last hit akan mendapatkan point atas apa yang dibunuhnya (creep ataupun hero).

Gank > Gank adalah serangan dadakan yang dilakukan dengan cara menyerang secara bersamaan kepada hero musuh yang sendirian, ataupun hero musuh yang jumlahnya lebih sedikit dari hero di team kita. Misalnya musuh yang sedang sendiri tiba-tiba diserang oleh 5 hero lawannya.

Harass > Dalam bahasa Indonesia artinya 'Menggangu". Di dalam Dota 2, harass ini adalah kegiatan menyerang hero musuh secara sedikit demi sedikit dengan serangan normal ataupun ability, dengan tujuan menggangu proses farm hero musuh. Biasanya Harass ini dilakukan oleh hero type range atapun hero dengan ability damage yang dapat di-spam.

Assist > Kegiatan membantu dan memberikan score kill kepada hero teman.

Throw > Istilah untuk hal yang dilakukan oleh seseorang ataupun orang-orang di dalam sebuah team, yang menempatkan teamnya pada posisi sulit yang dapat berujung pada kekalahan, padahal tadinya posisi team berdada dalam posisi unggul di atas team musuh.

Creep Blocking > Kegiatan menghalang-halangi gerakan friendly creep agar creep berjalan lebih lambat. Akibatnya titik temu creep akan lebih dekat kepada friendly tower. Titik temu creep yang dekat dengan friendly tower akan mempermudah kita untuk menyerang creep musuh dalam posisi yang aman (karena hero ter-cover oleh tower).

Creep Pulling > Kegiatan menarik/memancing neutral creep agar berjalan menuju lane, sehingga neutral creep akan bertemu dan bertarung dengan friendly creep.

Creep Stacking > Menarik neutral creep keluar dari camp-nya sampai jarak tertentu pada minute mark. Saat camp neutral creep dalam kondisi kosong saat minute mark, maka neutral creep yang baru akan muncul. Minute mark adalah waktu disaat neutral creep baru akan muncul mengisi camp neural creep yang kosong. Minute Mark setiap camp berbeda-beda. Biasanya neutral creep yang sudah menumpuk banyak akan diberikan kepada hero carry.

Backdoor > Aksi menghancurkan bangunan musuh (tower, barrack, ataupun ancient) jauh dibelakang titik temu creep, sehingga HP bangunan tersebut akan terus pulih. Bangunan tetap bisa hancur jika dps yang dihasilkan hero sudah cukup besar.


*     *     *     *     *



ROLE
by: Akira Asayami

Dota 2 Role

Carry > Role pada hero yang berperan sebagai ujung tombak di dalam sebuah team. Di dalam sebuah team yang berpengalaman, hero ini akan didukung oleh hero lain di dalam teamnya agar cepat naik level, dan cepat mendapatkan item-item yang akan dibelinya, supaya hero ini kuat membantai hero musuh.

Support > Role pada hero yang berperan sebagai hero bantuan pada game. Hero support bertanggung jawab pada pembelian kurir, pemasangan ward, dan menggunakan ability yang mendukung hero-hero lain di dalam teamnya. Hero tipe support juga biasanya dapat memberikan efek debuff pada musuh sehingga mempermudah friendly hero mengalahkan hero musuh tersebut.

Tank > Role pada hero yang umumnya mempunyai HP yang tinggi dan ability lain yang mendukung hero ini agar dapat menerima banyak damage dari musuh. Hero ini akan ada di depan saat sedang di dalam pertempuran untuk melindungi hero-hero lain yang memiliki HP lebih sedikit.

Nuke / Nuker > nuke secara harfiah adalah singkatan dari nuclear. Di dalam Dota 2 nuke adalah istilah untuk ability para hero yang mempunyai damage yang tinggi dan dapat digunakan secara sering karena cooldownnya yang relatif singkat. Ability2 ini yang nantinya akan diandalkan untuk memotong HP para hero musuh secara signifikan. Nuker sendiri adalah istilah untuk hero yang mempuyai ability tersebut. Kebanyakan Nuker adalah hero intelligent yang mempunyai HP sedikit tapi mempunyai damage yang besar yang berasal dari abilitynya.


*     *     *     *     *



ADVANCED
by: Akira Asayami

Dota 2 Pro Players from Pro Teams
Dota 2 Pro Players from Pro Teams

Map Awareness > Kemampuan player untuk mengawasi dan waspada terhadap seluruh lokasi di arena Dota 2 dengan memperhatikan lokasi secara langsung ataupun melihat melalui minimap. Map Awareness sangat dibutuhkan oleh pengguna hero-hero tertentu seperti Zeus, Nature Prophet, Silencer, Spirit Breaker, Invoker karena penggunaan abilitynya yang mencakupi seluruh arena Dota 2.

Aggro > Cara yang dilakukan agar creep musuh akan maju dan menyerang hero yang sedang berada di belakang titik temu creep. Creep musuh akan berjalan melewati creep lain sehingga posisi creep musuh akan lebih mudah untuk diserang oleh hero.

New Meta > Biasanya digunakan player Dota 2 untuk menjelaskan konsidi Build baru (yang tidak wajar pada Hero tertentu), tetapi sukses dalam menggunakan build tersebut. Tidak jarang hero berubah rolenya saat menggunakan New Meta. New Meta yang sukses biasanya akan menjadi tren build baru yang akan digunakan oleh player Dota 2 karena biasanya lebih unik, mudah digunakan, dan invofatif sehingga terhindar dari rasa bosan karena menggunakan build lama yang itu-itu saja.

MMR > singakatan dari Match Making Rating. Adalah game yang akan beranggotakan player dengan rating point yang rata-rata hampir sama. Rating akan didapatkan jika player memenangkan sebuah game MMR. Semakin tinggi rating MMR seorang player, maka dia akan mendapatkan musuh-musuh dengan rating MMR yang juga tinggi.


*     *     *     *     *


OTHER
by: Akira Asayami

Istilah-Istilah Dota 2


AFK > singkatan dari "Away From Keyboard", artinya "Jauh Dari Keyboard". Adalah kondisi disaat pemain tidak sedang berada di depan komputer untuk bermain, dan meninggalkan character yang digunakannya terdiam tanpa respond.

Recon > singkatan dari "Reconnect" atau konek ulang. Recon adalah kegiatan keluar dari game, kemudian kamu kembali masuk ke game. Biasanya recon ini dilakukan jika pemain mendapat masalah teknis saat bermain. Seperti: gangguan jaringan, freeze, lag pada game. Player yang mengalami masalah akan mengetik chat "Recon" dengan tujuan agar player lain menunggu player tersebut saat dalam posisi terdisconnect dari game. Dan memberi tahu player lain, kalau nantinya dia akan kembali.

Freeze > kejadian saat keseluruhan game berhenti secara mendadak dengan waktu yang cukup lama (berbeda dengan lag), tapi animasi pada game tetap berjalan (jadi freeze ini juga berbeda dengan 'hang'). Biasanya freeze ini terjadi akibat gangguan jaringan, dari server yang down, sampai gangguan pada provider internet.

Feeder  > Player yang sering mati di tangan musuh, sehingga sangat menguntungkan pihak musuh dan merugikan teamnya sendiri. Feeder di sini ada 2 macam. Ada yang dilakukan secara sengaja untuk alasan tertentu, ada juga yang disebabkan karena skill pemain yang buruk.

DC (Disconnect) > Kondisi disaat player terputus dari game. Entah dia keluar atas kemauan dia sendiri, maupun akibat internet yang putus.

GGWP > Singkatan dari "Good Game Well Played". Sebenarnya ini adalah kata-kata untuk memuji musuh yang bermain dengan sangat baik. Namun sekarang kata ini memiliki arti yang luas. Kata GGWP ini bahkan biasa digunakan juga untuk menghina/menyindir pemain yang bermain sangat buruk, atapun menggambarkan kepasrahan karena kemungkinan teamnya akan kalah. Para pemaian Dota 2 sering mempersingkat istilah ini dengan sebutan 'GG' atapun 'WP'.

Fat (gendut) > kondisi di saat hero sudah memiliki item-item target yang akan dibelinya (terutama core item & luxury item), sehingga stat dan damage hero tersebut meningkat dengan pesat. Biasanya hero akan disebut fat jika dia memiliki item-item core dan luxurynya mendahului hero-hero lain, sehingga perbedaan kekuatan hero tersebut dengan hero lain sangat signifikan.

Imba > Singkatan dari "Imbalance" artinya 'tidak seimbang'. Imba ini adalah kata yang ditujukan kepada hero musuh yang memiliki kekuatan jauh diatas hero lain sebab skill pemainnya yang tinggi, sehingga tidak ada hero yang berkutik melawan hero ini.

Instalock > Proses cepat dalam memilih hero yang akan digunakan saat permainan baru saja dimulai.

Meta > Konsidi keseimbangan antara para Hero yang ditetapkan oleh developer game.

Missing! > Kondisi saat Hero musuh tidak terlihat pada Map ataupun minimap. Mungkin para hero musuh sedang berkumpul untuk melakukan serangan dadakan (gank), maka para player dalam sebuah team akan saling mengingkatkan dengan kata 'Missing!' agar semua anggota team waspada karena musuh sedang tidak terdeteksi di map.

Noob > noob diangkat dari kata Newbie atau diartikan sebagai pemula. Noob biasanya akan dilontarkan kepada pemain yang bermain dengan buruk. Karena buruknya cara bermain, maka pemain tersebut disamakan dengan pemain pemula yang tidak mempunyai skill dan pengetahuan dalam bermain Dota 2. Mungkin untuk para pemula kata-kata ini tidak akan berdampak serius, tapi tahu kan kamu kalau para Elder di Dota 2 akan sangat sakit hati jika kata ini tertuju pada dia?

OP > singkatan dari "Over Powered". Kombinasi item atapun ability hero yang dinilai terlalu kuat dan menyebabkan ketidakseimbangan di dalam game Dota 2. Biasanya delevoper game akan menyeimbangkan hero atapun item yang dinilai OP dipatch game Dota 2 yang akan mendatang.

Rage Quit > Istilah untuk pemain yang kesal kemudian keluar dari game sebelum game berakhir, sehingga meninggalkan anggota teamnya masih bermain.

Pinoy > artinya 'Orang Filipina'. Namun bukan hanya itu. Penyebutan Pinoy di dalam Dota 2 sebenarnya adalah ejekan bagi orang Filipina. Karena dulunya banyak dari orang Filipina yang bermain Dota 2 dengan buruk. Seperti: Tetap chat dengan bahasa Filipina walaupun mendapat team dari negara lain, cara main yang buruk, spam voice yang mengganggu, rage quit, milimpahkan kesalahan pada player lain, me-report player lain dengan alasan sepele. Dan karena citra buruknya itu terciptalah kata 'Pinoy', dengan tujuan mengejek para player tersebut.


 *     *     *     *     *