Oktober 17, 2018

4 Bahan Material Action Figure & Cara Membersihkannya

Halo para kolektor! Yang bukan juga gapapa hhehe.. Di sini Akira akan membahas tentang cara membersihkan action figure. Apa sih action figure itu? Action figure adalah mainan berbentuk boneka yang terbuat dari plastik ataupun material lainnya, dengan bentuk karakter berdasarkan pada komik, film, game, ataupun buku tertentu.

Walaupun termasuk dalam bangsa mainan, hampir semua action figure umumnya hanya difungsikan sebagai pajangan atau barang koleksi saja. Setelah action figure menetap pada satu lokasi yang lama, pastilah partikel-partikel debu akan menempel. Akibatnya, action figure yang semula terlihat "Wah!" lambat laun mulai terlihat kumel dan kusam. Bagaimana cara kita membersihkan action figure ini? Sebelum itu, kamu harus tahu, material yang berbeda akan membutuhkan perawatan yang juga berbeda. Selengkapnya, silahkan baca di bawah.


4 Bahan Material Action Figure & Cara Membersihkannya, bagaimana, cara terbaik, mainan awet, mencuci, cuci
Killer Bee from Naruto Series (action figure)
Bahan Plastik / Karet / PVC
Action figure berbahan plastik dapat kamu bersihkan menggunakan sabun cuci piring atau sabun cuci tangan yang tidak mengandung bahan pelembab (moisturizer). Gunakan sikat gigi bekas, kuas, atau cottonbud untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau. Cara membersihkannya juga bisa dengan cara direndam di dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabun cuci piring. Rendam selama 20 menit sampai debu dan kotoran terlepas, kemudian sikat secara halus.

Pastikan action figure dikeringan setelah dicuci, untuk menghindari bercak sabun atau tumbuhnya jamur. Untuk cara mengeringkannya, kamu dapat menggunakan kain halus atau tisu kering. Jangan dijemur, karena dapat memudarkan warna atau merusak lapisan cat. Kamu tidak perlu mencucinya terlalu sering. Jika hanya terdapat debu-debu halus, kamu dapat menggunakan kuas untuk membersihkannya.


4 Bahan Material Action Figure & Cara Membersihkannya, bagaimana, cara terbaik, mainan awet, mencuci, cuci
Tony Stark from Ironman 3 (action figure)
Bahan Kain
Untuk action figure atau aksesorisnya yang berbahan kain, dapat dibersihkan menggunakan sabun cuci baju (detergen). Gunakan sabun cuci baju yang tidak merusak warna pakaian. Jika sudah terlalu kotor, kamu dapat merendamnya menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci baju. Rendam paling lama 30 menit. Jika ukurannya kecil, gosok menggunakan sikat gigi bekas. Jangan digosok/disikat terlalu keras, untuk menhindari kerusakan pada detail aksesorisnya.

Setelah selesai dicuci, keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Jemur sampai kering untuk menhindari tumbuhnya jamur dan bau apek.


4 Bahan Material Action Figure & Cara Membersihkannya, bagaimana, cara terbaik, mainan awet, mencuci, cuci
Ironman (action figure)
Bahan Besi / Metal / Logam
Untuk action figure ataupun aksesorisnya yang terbuat dari bahan logam, dapat kamu bersihkan menggunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring mempunyai bahan kimia yang tidak keras sehingga aman untuk lapisan cat, bahan plastik, bahkan bahan logam. Jangan gunakan detergen, karena dapat mempercepat timbulnya karat. Jika terlalu kotor, kamu dapat merendamnya di dalam air yang sudah dicampur sabun cuci piring. Rendam sekitar 10 sampai 15 menit saja. Jangan direndam terlalu lama.

Setelah selesai dicuci, keringkan menggunakan kain atau tisu kering. Jangan dikeringkan dengan cara dijemur, karena dapat memicu karat. Pastikan action figure atau aksesorisnya dikeringkan secara sempurna sebelum kembali disimpan pada tempatnya. Action figure berbahan logam akan butuh perawatan ekstra dibandingkan dengan bahan plastik. Bersihkan sesering mungkin dan jaga kelembaban tempat penyimpananya.


4 Bahan Material Action Figure & Cara Membersihkannya, bagaimana, cara terbaik, mainan awet, mencuci, cuci
Black Widow from Avenger Infinity War (action figure)
Bahan Rambut Sintetis
Ada beberapa action figure atau jenis mainan lainnya memiliki detail berupa rambut. Rambut ini umumnya berbahan sintetis. Yang jelas perawatannya akan berbeda dengan rambut asli. Untuk rambut yang sedikit kusut, kamu dapat menggunakan shampoo bayi yang mild. Jangan gunakan shampoo untuk orang dewasa, karena mengandung terlalu banyak bahan kimia yang tidak dibutuhkan rambut sintetis.

Untuk rambut yang kusut parah, kamu dapat menggunakan pelembut pakaian (seperti Downy). Sebagai catatan, penggunaan pelembut pakaian akan meluruskan rambut sintetis. Jadi, jika rambut action figure-mu bertekstur (begelombang misalnya), maka kamu butuh untuk men-style ulang bagian rambutnya.

Gunakan air dingin untuk mencuci bagian rambut, dan jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Karena rambut sintetis rentan rusak akibat panas. Setelah selesai dicuci, keringkan dengan handuk atau kain. Setelah itu diamkan sampai benar-benar kering. Sisirlah rambut saat dalam kondisi setengah basah. Jangan disaat basah, atau disaat kering.

Baca juga:
Penutup
Action figure memang membutuhkan perawatan. Terutama dalam menjaga kebersihannya, agar tetap terlihat fresh seperti baru. Namun perawatan yang berlebihan juga tidaklah baik untuk jenis mainan yang satu ini. Bersihkanlah action figure secara wajar saja. Baiknya antara 2 minggu sekali, 1 bulan sekali, atau beberapa bulan sekali tergantung kondisi.

Jika action figure berlokasi di tempat yang rentan terkena debu, maka kamu harus rajin membersihkannya (tidak harus dicuci. bersihkan debunya menggunakan kuas. kalau sudah terlalu kotor, barulah kamu dapat mencucinya seperti cara di atas). Namun jika action figure ditempatkan di suatu ruang tertutup atau etalase, maka kamu hanya perlu membersihkannya beberapa bulan sekali saja, agar warnanya tetap terjaga.

author: Akira Asayami
  

9 Comments

  1. Sabun cuci piring tidak mengandung bahan pelembab

    Sabun cuci piring apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg maksudnya tidak mengandung bahan pelembab adalah untuk sabun cuci tangannya, gan. Kita bisa menggunakan sabun cuci piring apa saja yg umum ada di pasaran.

      Hapus
  2. Kalo bahqn karet yang sudah 10 tahun lebih dan mulai lengket apakah masih bisa di cuci dg sabun cuci piring? Saya udah coba cuci masih lengket apakah bisa di cuci dengan campuran alkohol ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah lama dan mulai lengket2, biasanya itu sudah dalam proses decay. Sudah tidak bisa dibersihkan, dan bisa muncul kerusakan permanen. Jika mau diselamatkan, sepertinya solusinya hanya direstorasi. Biasanya ada penyedia jasa restorasi action figure.

      Hapus
    2. Btw, alcohol pada bahan karet hanya akan memperburuk kondisinya

      Hapus
  3. Jadi gini saya unta action figure bahan soft vinyl setelah kuperiksa warnanya ada yang ngelupas nah cara repaint pakai cat apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di-browsing aj, gan. Ada produk2 cat khusus untuk action figure

      Hapus
  4. Maaf kak mau nanya, jika ada part action figure pvc yang menguning itu dibersihkan pakai apa ya kak supaya bisa putih kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai sabun cuci piring yg kimia-nya ga terlalu kuat agar lapisan cat tidak rusak. Tapi kalau tidak mempan juga, maka action figure harus di-cat ulang (kalau mau)

      Hapus